Kertas Daur Ulang – serat abaca

April 19, 2010 § Leave a comment

Kertas daur ulang (recycle paper) buatan tangan (handmade) dari bahan serat abaca (abaca paper). Abaca adalah sejenis pohon pisang yang tidak berbuah dan yang dipanen adalah batang pohonnya saja (gedebog). Bahan baku serat abaca berupa serat serat yang diambil dari batang pelepah yang dikeringkan. Hasil akhirnya berupa serat tali abaca yang biasanya digunakan sebagai bahan baku benang tekstil, tali tambang kapal, kertas untuk teh celup dan juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan uang kertas (bank notes).

Karakter kertasnya adalah lembut, kuat dan ringan. Paling cocok digunakan sebagai langsung sebagai produk seperti kertas kado (wrapping paper), kap lampu atau lampion, amplop surat, dll. Agak sulit ditempel karena permukaannya yang banyak bulu bulu serat abaca. Lem yang dapat digunakan adalah lem kuning seperti lem aibon jika ingin digunakan sebagai bahan pelapis.

Aplikasi cetak yang dapat dilakukan adalah cetak manual seperti cetak sablon (screen printing), poly, emboss. Masih bisa dicetak dengan printer komputer tapi tidak bisa dicetak dengan cetak offset. Karena kertas daur ulang ini adalah buatan tangan, jadi permukaan kertasnya agak bergelombang dan kurang rapat sehingga hasilnya tidak akan maksimla jika dicoba cetak offset. Cetak komputer dengan printer dot matrix masih memungkinkan. Cetak dengan printer deskjet atau laserjet masih dapat dilakukan asalkan pinggiran kertasnya dirapihkan dulu supaya seratnya tidak tersangkut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kertas Daur Ulang – serat abaca at KERTAS DAUR ULANG.

meta

%d bloggers like this: